RSS

Sunday, June 28, 2009

Mbah Surip - Tak Gendong

Saya tau pertama kali mbah Surip dari anak-anak. Tiap hari anakku nyanyinya “tak gendong..kemana-mana.. tak gendong..kemana-mana.” Itu melulu. Setelah diperhatiin ternyata nyanyi lagunya mbah Surip Siapa sih sebenarnya mbah Surip ??

Biografi Mbah Surip:

Namanya menjadi populer berkat lagu Tak Gendong yang sering diputar di televisi. Penampilan Mbah Surip, demikian ia biasa dipanggil yang unik juga jadi salah satu ciri khasnya. Dengan rambut rasta ala penyanyi reggae dan tawanya yang lepas menjadi ciri dari Mbah Surip.




Dilahirkan di Mojokerto, 5 Mei 1949 dengan nama asli Urip Ariyanto adalah duda dengan empat orang anak sekaligus kakek dari empat cucu. Sebelum menjadi seniman, Mbah Surip menjalani berbagai macam profesi. Mulai pekerjaan di bidang pengeboran minyak, tambang berlian bahkan lelaki yang memiliki gelar Drs, Insinyur dan MBA ini pernah mengadu nasib di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California.

Dalam perjalanan bermusiknya, ia telah mengeluarkan beberapa album yang dimulainya sejak 1997. Beberapa albumnya antara lain, IJO ROYO-ROYO (1997), INDONESIA I (1998), REFORMASI (1998), TAK GENDONG (2003) dan BARANG BARU (2004).

Tak Gendong sendiri ia ciptakan pada 1983 saat Mbah Surip bekerja di Amerika Serikat. Menurut Mbah Surip lagu ini memiliki makna filosofi tersendiri, yakni belajar salah.

Penampilan Mbah Surip yang khas dengan rambut panjang ala rasta membuat sosoknya tidak mudah dilupakan. Seniman yang mengagumi Ahmad Dhani ini mengaku tak akan mengubah dandanannya itu sampai kapanpun.

"Nggak pengen ubah penampilan, make up aja nggak pernah. Rambut ini kan antik. Ini sudah lima presiden dari Soeharto hingga sekarang nggak pernah diganti," tuturnya
Namun pastinya Mbah Surip agak kesulitan merawat rambut gimbalnya itu. Tapi begitu, dia tidak pernah mendatangi salon. Hanya saja, dia memakai sampo khusus untuk rambutnya.
"Nggak pernah ke salon, saya rawat sendiri. Tiga hari sekali saya keramas pakai sampo kucing angora. Soalnya kalau nggak pakai sampo itu, bisa rontok semua rambut saya," pungkasnya

Ini dia Syair lengkap “tak gendong”

Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana
Enak donk, mantep donk
Daripada kamu naik pesawat kedinginan
Mendingan tak gendong to
Enak to, mantep to
Ayo.. Kemana

Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana
Enak tau

Where are you going?
Ok I'm
Where are you going?
Ok my darling

Ha...Ha...

Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana
Enak donk, mantep donk
Daripada kamu naik taxi kesasar
Mendingan tak gendong to
Enak to, mantep to
Ayo.. Mau kemana

Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana
Enak tau

Where are you going?
Ok I'm
Where are you going?
Ok my darling

Ha.. Ha...

Tak gendong kemana-mana
Enak tau
Ha.. Ha...
Ha.. Ha...
Ha.. Ha......

Capek.....

Sukses selalu mbah….

3 Komentar:

zooha said...

i love u full mbah. hah....hah....hah

Anonymous said...

I heard this song, I think there was nothing exciting about it, is just the same words that he repeated over and over again, and he kept laughing like he was on drug or something, some 2 years old can sing better than him, sorry . just try to be honest :-)

Anonymous said...

pake sampo kucing???

Post a Comment